Salah satu pekerjaan rumah PPMBSI selama ini adalah, kurang meratanya jago-jago dari daerah dalam berpartsiipasi di event nasional. Selekda daerah, dimaksudkan agar tiap daerah bisa mengirimkan wakil untuk bersaing di Kejurnas Nasional Junior.

Berikut adalah aturan dan konsep yang dipakai PPMBSI pada Selekda dan Kejurnas:

  1. Lomba Seleksi di Daerah (selanjutnya disebut Selekda) adalah lomba yang akan digelar di daerah-daerah yang pelaksanaannya dilakukan serentak (dalam waktu bersamaan). Selekda adalah ajang.untuk mencari pembalap yang akan mewakili daerahnya masing-masing di lomba Nasional Junior (selanjutnya disebut Kejurnas Junior).
  1. Peserta Selekda adalah burung yang terdaftar dalam ring pusat dan sudah memakai ring edisi 2019 dan 2020.
  1. Selekda diadakan hari Jumat, pelaksanaanya secara keseluruhan dikerjakan oleh panitia lokal, dilaksanakan secara serentak.
  1. Selekda harus diselesaikan dengan cara diadu / bukan dengan di tost. Apabila dalam pelaksanannya terjadi hal-hal yang tidak diduga seperti cuaca dan lain-lain yang menyebabkan lomba harus terhenti, lomba tersebut harus dilanjutkan di hari kemudian dengan jarak yang sama. Jarak yang ditentukan untuk junior adalah 500 meter.
  1. Hadiah lomba sebesar Rp 5.000.000,- (limat juta rupiah) ditanggung pusat, diberikan kepada 10 besar pemenang dengan pembagian seperti biasa.
  1. Juara 1 dan 2 dalam Selekda otomatis akan lolos untuk mewakili daerahnya untuk berlaga di lomba Kejurnas Junior. 
  1. Panitia lokal wajib melaporkan jumlah seluruh peserta ( termasuk DU ) kepada Pengurus Pusat yang ditunjuk (Erick Inter 0821.2756.6777). Laporan dilakukan pada saat pendaftaran DU selesai, sehingga Pusat bisa segera menentukan jumlah perwakilan dari lomba tersebut (by WA).
  1. Pendaftaran untuk lomba Selekda ini adalah Rp 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) dan tidak boleh dibatasi (sampai benar-benar tidak ada yang mendaftar lagi). Untuk DU adalah Rp 20.000,- (dua puluh ribu rupiah) hal ini juga berlaku di hari H pelaksanaan lomba. Keselurahan dari hasil pendaftaran dan Du diperuntukkan untuk Panitia penyelengara Selekda.
  1. Panitia wajib untuk melaporkan jalannya lomba dan hasil dari Selekda ini berikut nomor ring dari burung-burung yang masuk nominasi ( 2 yang terbaik + tambahan kuota kalau ada ) dengan menambahkan 3 rangking burung menurut peringkat bawahnya sebagai penganti apabila burung yang mendapatkan nominasi berhalangan hadir karena sesuatu hal.
  1. Pusat akan memberikan subsidi sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) untuk lomba hari Minggu, dan panitia diwajibkan menyiapkan hadiah sebesar minimal uang pendaftaran x 100 burung. Uang pendaftaran minimal adalah Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah). DU untuk lomba Utama di hari Minggu adalah Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah).
  1. Peraturan lomba yang dipakai di sini adalah peraturan yang sudah disepakati bersama di Rakernas, diharap semua panitia dan peserta mematuhinya demi kelancaran jalannya lomba.
  1. Pusat akan memberikan uang kehadiran kepada 32 burung yang berhak untuk berlaga di Kejurnas Junior sebesar Rp 250.000,- (dua ratus limpuh ribu rupiah) per-burung. Uang kehadiran akan diberikan pada saat burung tersebut hadir dan mengikuti / mendaftar di Kejurnas Junior
  1. Total nominasi untuk Kejurnas Junior adalah 32 merpati. 16 burung sudah diperoleh secara otomatis dari juara 1 dan 2 (sebagaimana tercantum dalam poin nomor 6).

Cara pengambilan sisa nominasi lainnya adalah sebagai berikut:

  • Jumlah peserta per daerah ÷ total jumlah seluruh daerah x sisa kuota yang tersedia.
  • Hasil dari perhitungan tersebut dilakukan pembulatan ke atas dan ke bawah (di bawah 0,5 akan dihilangkan,  di atas 0,5 akan dianggap 1 kuota).
  • Setelah didapat kuota per daerahnya, akan dibagi kuota tambahan per lokasi (bilamana ada) dengan cara perhitungan seperti di atas
  1. Kejurnas akan diadakan pada hari Jumat dengan total hadiah Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) untuk merpati dan + Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) untuk team (diambil 4 pemenang).

Perinciannya hadiah sebagai berikut:
Juara 1 : 7.500.000
Juara 2 : 3.750.000
Juara 3 : 2.250.000
Juara 4 : 1.500.000

Untuk team yang meloloskan pembalapnya di 4 besar, Pusat kembali akan memberikan dana pembinaan dengan nominal sebagai berikut:
Juara 1 : 2.500.000
Juara 2 : 1.250.000
Juara 3 : 750.000
Juara 4 : 500.000

Pemenang pertama akan dimasukan dalam kalender tahunan PPMBSI.
Tropi 1 – 4 akan disiapkan oleh Pusat.
Pusat akan memberikan dana sebesar Rp 1.000.000,- (1 juta rupiah) untuk panitia pelaksana sebagai pergantian uang ATK.

  1. 32 burung yang masuk nominasi yang akan berlaga di Kejurnas Junior wajib membawa piagam hasil Selekda sebagai bukti.
  1. Apabila dalam pelaksanaan lomba itu (Seleknas) terjadi draw, burung diwajibkan terbang ulang sampai ada pemenagnya. Sistem yang dipakai adalah seperti lomba Galatama.
  1. Bagi burung yang sudah menjadi juara 1 – 4 di Kejurnas Junior, tidak dapat lagi mengkuti lomba Selekda.
  1. Panitia dan peserta wajib mematuhi semua peraturan yang sudah disepakati bersama demi kelancaran lomba dari Selekda hingga Kejurnas.
  1. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pengundian pada lomba Kejurnas Junior akan mengikuti cara sebagai berikut:
  • Kelompok 1 akan diisi oleh juara ke-1 dari setiap daerahnya sebanyak 8 merpati. Merpati ini akan diketemukan dengan peringkat terbawah dari hasil Seleksi dan seterusnya dari daerah yang berlainan dan seterusnya.
    Kelompok ke 2 diisi dengan peringkat ke-2 hasil Seleksi dari masing-masing daerah dan dipertemukan dengan sisa peserta yang ada.
  • Babak ke-2, pemenang dari kelompok 1 akan bertemu dengan pemenang kelompok 2.
  • Babak ke-3, pengundian akan dilakukan secara acak, dengan ketentuan tidak sama daerah/lokasi seleksi bilamana memungkinkan.
    Merpati bisa pindah pemilik tapi daerah tidak bisa dirubah sebelum selesai Kejurnas tersebut. Daerah akan dibagi sebagai berikut:
    • barat 1
    • barat 2
    • tengah 1
    • tengah 2
    • timur 1
    • timur 2
    • timur 3
    • timur 4

Untuk merpati yang tidak diterbangkan, rankingnya akan ditaruh pada ranking terbawah, selain 1 joki sejak awal lomba.

  1. Total nominasi untuk Anniversary Junior adalah 64 burung (khusus ring 2020)

Demikian peraturan dan aturan yang akan dipakai pada lomba Selekda dan Kejurnas. Mohon bantuan dari teman-teman mania untuk membantu mensosialisasikan Aturan dan Konsep di atas.

Salam Merpati Balap Sprint Indonesia
Guyub rukun saklawase

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini